ZOO - saya siap untuk terpukau (lagi). - ydstrprmn
Headlines News :

Label 1

Home » » ZOO - saya siap untuk terpukau (lagi).

ZOO - saya siap untuk terpukau (lagi).

Written By Yudhistira Pramana on Oct 27, 2011 | 1:31 PM


Inilah alasan saya kenapa saya sangat cinta dengan Kota ini, Jogja memang sangat istimewa, Kota ini ibarat pencetak seniman nomor wahid di Indonesia. Segala potensi berjalan beriringan dengan kesederhanaan. Sebut saja Zoo, band progresif eksperimental (apalah itu, saya kurang paham bagaimana cara melabelkan genre pada satu band), saya tidak akan menyama2kan mereka pada satu grup tertentu, yg jelas, semua saling terefrensi, dan saling berpengaruh, saya rasa ini lebih bijak karna ini merupakan sebuah karya dimana semua unsur bisa tercampur dan disatukan. Zoo terbentuk 2005 dengan format biasa, masih ada gitar disana, namun akhirnya, mereka membuang gitar dan nyaman dengan formasi vokal, bass, dan dua drum bermain bergantian di tiap lagu.

Apa yg difikirkan mereka, apa yg memotivasi mereka sampai karya mereka sangat dahsyat. Range vokal Rully Shabara Herman yg bs menjelma menjadi apa saja, wajar jika Zoo (kebun binatang) itu ada didalam pita suaranya, caranya bernyanyi tradisional yg seakan2 kita merasakan berada di kampung yang tak tersentuh zaman modern. Sangat Primitif. Belum lagi Bhakti Prasetyo dengan seperangkat alat perang (efek) yg tumpah ruah, liar ketika perform seakan kerasukan, Ramberto Agozalie dengan pattern yg tidak wajar, matematis, silahkan hitung sendiri, dr smp saya sangat menggilai musik progresif rock seperti dream theater, jd wajar jika obet saya idolakan, apalagi dengan cranial incisorednya. Kemudian Dimas Budi Satya, ini lebih bengal lg baik diluar ataupun dipanggung, badan penuh tato cukuplah mengidientitaskan dia seperti apa.

Ketika kamu membayangkan sebuah musik dengan ritmis yg datar, kamu seolah - olah terbawa mengikuti alur yang diciptakan, berbeda buat zoo, seluruh otot saraf kaku, kalian siap berhitung sana/i, sebuah ritmis matematis, dengan distorsi bass berdiri sendiri, dan tentunya vokal rully yang "kampungan" banget, Maksud kampungan adalah bener2 seperti ada dipedalaman kampung sana, natural, terkadang rully juga bermain djembe di tiap performnya. Lirik-Lirik tentang peradaban manusia, efek modernitas, melupakan kebudayaan, optimisme banyak terkandung didalam lirik mereka, apalagi jika bersatu dengan musik olahan zoo. Saya sangat suka mereka, baik dari audio maupun secara live perform.

ZOO - Trilogi Peradaban | Kemasan Kolektor

EP mereka Kebun Binatang pun saya download di yesnowave, semakin didengarkan, maka semakin penasaran juga saya, ayolah buat lagi karyanya dan rekam, buatlah album atau apalah itu, dari situ doa pun terkabul, tak lama EP kebun binatang, muncul lg rilisan mereka, Trilogi Peradaban yg gilanya dirilis gratis via yesnowave.com, saya masih belum puas karna rilisan ini harusnya ada kemasan fisiknya, doa pun terjawab (lagi), zoo ternyata merilis trilogi peradaban kemasan kolektor, ini rilisan yg paling mahal yg pernah saya punya. Trilogi peradaban terbagi menjadi 3 babak yaitu, babak satu Neolithikum, babak dua Mesolithikum, babak tiga : Paleolithikum, dan masing2 babak dimainkan dengan drummer yg berbeda. Alasannya mungkin setiap babak punya ciri khas pada zamannya, ada penemuan2 baru dan itu yang membedakan tiap zamannya. Artwork yang menawan dengan unsur primitif kental, dan artwork pun dikerjakan oleh rully sendiri, sempurna.

Karya mereka yang baru ada di kompilasi Jogja Istimewa, Namun ada sedikit pergantian formasi disini, Bhakti kali ini tidak terlibat, entah kenapa, saya juga tidak ingin tahu. Tp yang jelas di lagu Bambu Runcing Zoo berkolaborasi dengan Wukir, seorang seniman dengan instrumen hasil ciptaannya sendiri, yang biasa disebut Bambu Wukir, Nah yang ini juga berbahaya. Video kolaborasi mereka bisa di lihat disini. Rully Shabara dan Wukir Suryadi pun terlibat langsung dalam Senyawa, yaitu proyek etnis kontemporer antara dua seniman berbeda latar belakang, Rully lebih cenderung ke eksperimental rock, dan Wukir lebih mengarah ke tradisional. Kolaborasi ini sudah menghasilkan Rilisan yang di beri nama Senyawa, yang bisa didownload disini. Sukses terus Zoo, saya rindu melihat perform kalian lagi dan seterusnya. Kalian istimewa dan berada di kota Istimewa juga.
 

ZOO | myspace 
lihatkebunbinatangku@yahoo.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ydstrprmn - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger